Minggu, 30 September 2007

'Kicak' Primadona Pasar Tiban

Setiap sore dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, di kampung Kauman terdapat "Pasar Tiban". Pasar Sore yang datangnya dadakan dan hanya pada bulan Ramadhan ini, menjual aneka ragam makanan dan jajanan buka puasa. Nah dari aneka ragam makanan itu ada satu yang khas dan selalu dinanti-nanti oleh para konsumen pasar tiban, Kicak namanya. Makanan ini bisa dibilang hanya muncul pada bulan Ramadhan saja, entah kenapa begitu saya tidak tahu. Makanya banyak orang dan menantikannya, dan selalu laris terjual.

Kicak terbuat dari jadah (uli) yang disangrai dia atas api sedang dengan parutan kelapa muda, gula dan irisan buah nangka. Aroma daun pandan yang terasa wangi dan rasanya yang manis berpadu menjadi sebuah resep yang memang selalu bikin para penikmatnya ketagihan.

Menurut beberapa penjual di Pasar Tiban Kauman, Kicak memang menjadi primadona di antara makanan-makanan lain, hampir setiap hari terjual habis. dan hampir setiap stand yang buka menjajakan makanan khas bulan Ramadhan ini.

Penasaran seperti apa Kicak dan bagaimana rasanya? Silahkan anda semua mampir di Pasar Tiban Kauman, cicipi dan rasakan sendiri kenikmatan sang Primadona sebagai pendamping buka puasa anda. Tapi jangan datang dekat-dekat waktu buka ya, karena Kicak cepat sekali terjual habis, jadi anda harus datang minimal satu jam sebelum adzan maghrib berkumandang. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: