Rabu, 06 Mei 2015

Seberapa besar keDKVanmu??!!

Saya pernah memposting status ini di akun facebook saya. Status ini sebagai tanggapan dari para dosen senior saya yg selalu mempermasalahkan pekerjaan teman-teman saya ketika mereka lulus dan tidak mengambil kesempatan untuk bekerja di bidang desain atau semacamnya.

Saya merasa itu adalah pertanyaan yg paling bodoh yang pernah saya dengar selama ini. Dan tetap menempati urutan terbodoh sampai saat ini. Mengapa? Karena mereka yg mengatakan bahwa DKV itu tak akan bisa mendapatkan keDKVannya kalau tidak ada masalah (problem) dan tak mampu menyelesaikan permasalahan tanpa bantuan ilmu lain. So...That is called a stupid question!!!

Selama ini, saya selalu menanamkan persepsi kepada mahasiswa saya bahwa DKV itu tidak hanya ada di bangku kelas saja. DKV tidak hanya berdiri di kampus desain saja, DKV itu multi disiplin ilmu, DKV bisa kamu temukan di manapun. Konteks DKV bukan hanya desain grafis semata. DKV juga bukan periklanan semata. DKV juga bukan sekedar apa yg kamu lakukan sekarang... jadi jika kamu bekerja tidak dalam lingkup DKV, jangan kamu khawatir karena pekerjaanmu apapun itu pasti membutuhkan DKV. Karena DKV juga butuh permasalahanmu. DKV itu tentang koneksitas, tentang simbiosis mutualisme dan saling melengkapi.

Tidak ada komentar: