Selasa, 10 Desember 2013

Menulis Jurnal

Cover Jurnal Kreatif Visi

Alhamdulillaah...setelah sekian lama menunggu akhirnya Jurnal Kreatif STSRD VISI vol. 2 terbit juga. Jurnal DKV yang berisikan tulisan dari beberapa dosen dkv STSRD Visi jogja ini merupakan bentuk respon dari fenomena dkv di Indonesia dan sebagai wacana bagi insan dkv.
Pada kesempatan kali ini juga, saya menjadi salah satu kontributornya, membahas karya komik Fithri Dyoni Putri yang bertema desain kemasan.

Kenapa saya tertarik mengangkat komik ini? karena dalam komik yang berjudul Utak-atik Kemasan ini Upit panggilan akrab dari Fithri Dyoni Putri yaitu sang penulis sekaligus ilustrator komik, memberikan pendekatan edukasi dibalut hiburan dengan artistik yang sangat menarik dalam penyampaian komiknya.

Anggapan negatif tentang komik yang selama ini membuat banyak masalah bagi generasi muda menjadi sirna dengan hadirnya komik utak-atik kemasan ini karena ternyata komikpun bisa dijadikan media edukasi yang memuat semacam metode belajar bagi para mahasiswa.

Komik juga ternyata bukan hanya milik anak-anak saja. Komik merupakan media hiburan untuk berbagai kalangan usia. Wacana komik sebagai media edukasi ini dinilai mampu menjadi jembatan bagi para dosen untuk lebih mudah menyampaikan materi perkuliahan kepada mahasiswa.

Ada yang tertarik untuk menerbitkan karya Upit? Silahkan kontak fbnya di facebook.com/Upit Dyoni

Tidak ada komentar: