Jumat, 11 Oktober 2013

Kreasi Wayang Anak - membuat wayang sendiri dengan kertas bekas.

Bermain peran merupakan salah satu kegiatan yg menyenangkan bagi si kecil. Dengan bermain peran mereka berimajinasi dan mengembangkan motorik halusnya. Salah satu permainan peran adalah puppet atau wayang.

Pada saat bermain terkadang anak tidak peduli waktu dan kapan dia minta sesuatu. Terkadang pula anak berfikir benda yg dia minta harus tersedia saat itu juga dan jika tidak dituruti dia akan terus meminta dan akhirnya menangis.

Kita sebagai orang tua tidak jarang harus memutar otak untuk menjawab keinginan mereka. Dan suatu hari saya pernah mengalami hal itu. Siti tiba-tiba melihat tayangan di sebuah program televisi seorang peri membawa tongkat ajaibnya yg berbentuk bintang. Dan tiba-tiba saya punya ide sebelum Siti melanjutkan aksinya memberantakkan mainannya. Dan ini yg menjadi kreasi tongkat bintang berlanjut menjadi wayang wajah wajah...(istilah dari Siti)

Caranya sangat mudah dan  hanya membutuhkan beberapa alat dan bahan sederhana yg ada di sekitar rumah. Berikut langkah langkahnya...

Siapkan bahan kertas bekas/ kertas gambar (jangan terlalu tebal dan jangan pula terlalu tipis), lidi (bunda dapat ambil dari sapu atau penebah kasur yg terbuat dari lidi daun kelapa). Siapkan pewarna apa saja yg tersedia di rumah, gunting dan selotip.

1. Tahap pertama gambarkan objek apa saja yg menjadi kesukaan anak di kertas bekas dengan menggunakan pastel atau pewarna lainnya.

2. Gunting gambar sesuai bentuknya.

3. Siapkan lidi dengan panjang secukupnya. Tempelkan lidi di balik gambar dan rekatkan dengan selotip.

4. Wayang anak siap dimainkan.

Simpelkan?. Silahkan mencoba bunda dan ajak anak bermain peran agar suasana bermainnya jadi lebih menyenangkan.

Tidak ada komentar: